Saturday, September 26, 2015

Membuat karakter animasi di Unity


ketemu lagi nih.. :D
Jika pada artike sebelumnya telah saya tunjukkan bahgaimana mendownload hingga menginstall unity maka pada artikel ini saya akan mengajak anda belajar bersama untuk membuat project dan membuat animated object di unity, dalam project ini yang akan kita buat adalah model game platform 2D.
Pertama kita buat dulu project baru, klik new project – pilih 2D – Beri nama Project – klik Create project.





Halaman kerja unity telah terbuka seperti ini

Didalam project ini saya akan membuat animasi maka saya telah mempunyai 2 file tutorial untuk background yang sebelumnya saya buat di photoshop dan file object pemain.

Untuk memasukkan file tersebut kedalam unity saya buatkan folder di tab project dengan cara klik Create – pilih Folder lalu masukkan nama Folder. Saya beri nama folder Graphic

Setelah folder dibuat drag n drop file kedalam folder Graphic


Dari folder graphic drag n drop ground kedalam halaman kerja scane


Simpan project unity dengan ctrl+s, buat folder dengan nama scane (atau terserah anda) lalu simpan file unity kedalam folder scane yang telah dibuat


Langkah selanjutnya adalah membuat karakter. File yang akan saya gunakan untuk karakter adalah file Ye_Oldy_Girl_02_0 . file tersebut bertype PNG dimana setiap karakter dalam satu file tersebut dapat dipisah-pisah terlebih dahulu untuk mengambil setiap karakternya.
Seleksi file Ye_Oldy_Girl_02_0 lalu ubah settingan pada tab inspector. Ubah sprite mode menjadi multiple, Filter mode pilih point, dan Format pilih Truecolor

Didalam tab inspector klik tombol Sprite Editor sehingga muncul tampilan seperti diberikut

Pada pojok kanan atas pilih Slince lalu klik Slince, maka hasilnya setiap karakter akan terpisah


Tutup dan klik apply
Hasilnya kita memiliki banyak object karakter

Drag salah satu karakter kedalam scane, lalu klik Create pada animation tab.

Buat folder animation dan simpan file animasinya didalam folder tersebut. Disini saya buat dengan nama walking

Sekarang drag beberapa karakter yang berbeda kedalam tab animation

Jika dijalankan maka karakter tampak sedeng berjalan ditempat.
Fuad Efendi Web Developer, Engineer

silahkan anda berkomomentar, memberikan kritik dan saran ataupun bertanya pada halaman ini

1 comment:

  1. Hy gan saya butuh bantuanmu gan tolong ajarin saya buat game makek unity dong gan ini facebook saya mohon di invet ya gan saya butuh bantuanmu gan saya tunggu ya gan makasi sebelumnya ya gan

    ReplyDelete