Sunday, October 11, 2015

Membuat Game racing 2D dengan Unity part 1 (Jalan dan mobil)





Assalamualaikum, halo sobat.

kalo di postingan saya sebelumnya membahas mengenai instalasi unity, ini nih aku punya tutorial buat game racing sederhana 2D menggunakan unity 5. Oke, langsung saja kita mulaiiii.
Pertama kita buka program unity dan buat project baru. Isi nama terserah lah dan pilih 2D.


Halaman kerja unity telah terbuka, dalam layout saya buat seperti dibawah ini untuk memudahkan kita dalam membuat game racing karana game racing menggunakan jalan yang panjang. tinggal drag drop aja tuh windownya.

Simpan dulu scane dengan cara klik file – save scane – berikan nama scane dengan level1 atau terserah apa lah – klik save.

Buat 3 folder dengan klik kanan  pada tab asset pilih create – folder – beri nama folder dengan scanes atau terserah lagi lah.
Dalam tutorial ini saya membuat 3 folder scanes, script dan sprites


Sebelumnya udah di siapin gambar mobil yang bisa dapat dari download di internet dan jalan raya yang bisa dibuat dengan photoshop.
Drag saja ke dalam folder sprite.


Seleksi jalan raya pada folder sprite, pada tab inspector ubah texture type menjadi “texture” dan wrap mode ubah menjadai “repeat”

Sisipkan object quad yang nantinya digunakan sebagai jalan raya, klik GameObject – 3D object – Quad; sesuaikan ukurannya.

Untuk pencahayaan kita gunakan saja directional light dengan cara klik GameObject – light – directional light. Selanjutnya buat material dengan cara klik kanan didalam folder sprites – create – material, beri nama material dengan  trak. Lalu drag material trak ke dalam quad pada heirarchi, klik pada material trak, pada inspector klik Albedo maka akan muncul window untuk memilih texture maka pilih texture aspal

Untuk memperjelas ubah nama quad menjadi jalan karena quad disini adalah sebagai jalannya mobil. Buka folder script, klik kanan – create – pilih C# Script. Double klik pada script maka aplikasi mono develop akan terbuka. Disini tinggal kita tulis scriptnya untuk menggerakkan jalan.
Scriptnya seperti gambar dibawah ini.

Klik jalan pada hirachi, drag script kedalam component jalan sehingga pada inspectornya terdapat sub Trackmove (script), isikan 0.5 pada speed nya.


Sampai sini jika kita klik tombol play maka jalan akan bergerak mundur secara kontinyu sehingga seolah-olah mobil bergerak ke depan.
Langkah selanjutnya adalah membuat agar mobil bisa bergerak kekiri dan ke kanan sehingga seolah-olah seperti mobil yang sedang berbelok.
klik kanan pada folder script – create – C#Script. Disini file script saya beri nama navigasiMobil. Double klik file script navigasiMobil untuk mengeditnya.

Sekarang selekse green_car, lalu drag file script navigasiMobil kedalam component green_car. Pada kolom mobil speed isikan 10 dan Max pos 1.2.
Speed berfungsi untuk memberikan kecepatan serong mobil sedangkan max pos adalah batasan maksimal mobil pada tepi jalan sehingga mobil tidak bisa keluar dari jalan raya.

oke, sampai sini mudah kan ?
ada pertanyaan?
silahkan komen.. :D

ini ada kelanjutannya loh, mobil lawannya aja belom. game racing kalo gak ada tabrakannya kan gak asik juga.
langsung aja deh ke tutorial part 2 wonten ing link niki.



Fuad Efendi Web Developer, Engineer

silahkan anda berkomomentar, memberikan kritik dan saran ataupun bertanya pada halaman ini

4 comments: