Saturday, September 26, 2015

CARA INSTALL UNITY 3D DI WINDOWS




Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara menginstall aplikasi game yaitu Unity 3D pada windows 10. Sebelum menginstall anda harus mendownload dulu master unity di situs resmi unity https://unity3d.com/get-unity/download/archive

Proses download 

1. Download archive unity di halaman web unity https://unity3d.com/get-unity/download/archive silahkan pilih versi unity yang diinginkan.
 

2. Proses downloading archive menggunakan IDM
 
3. Unity Telah terdownload
 

  

Proses instalasi 

1. Double klik pada file master unity yang telah didownload sebelumnya untuk menjalankan setup, tunggu loading selesai hingga muncul tampilan setup unity. 
2. Pada halaman “Welocme to the unity setup” pilih next untuk memulai proses instalas
3. Selanjutnya muncul halaman licence agreement, pilih tombol I Agree

4. Jika anda menekan tombol I Agree maka akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu halaman choose component, tekan tombol next.






5. Langkah selanjutnya yaitu halaman Choose install Location, secara default program instalasi akan diletakkan pada Drive C:\Program Files (x86)\unity. Biarkan saja default seperti itu lalu klik install untuk menjalankan proses installasi.

6. Tunggu hingga proses selesai, jika prosses installasi selesai tekan tombol next.



   7. Selesai, tekan finish. Jika anda mencentang option Run Unity Maka setelah anda menekan tombol finish maja otomatis aplikasi unity akan dijalankan.

8. Untuk melakukan aktivasi anda harus online dan login terlebih dahulu, jika anda belum memiliki akun anda bisa mendaftar dengan menekan “create one”. Jika sudah memiliki akun sign in menggunaka Email dan Password lalu klik Sign In.

    9. Jika berhasil login anda akan masuk halaman licence, pilih saja Unity Personal Edition untuk menggunakan Unity secara free/gratisss


    10. Saat anda menekan tombol next pada halaman licence, maka muncul pop up license Agreement, pilih I Agree untuk melanjutkan.
11. Selanjutnya adalah halaman unity survey, disini anda diminta untuk mengisi form survey. Klik next.


12. Tunggu sebentar, proses Aktivasi.

 13. Sampai disini proses aktivasi selesai, Start using unity.

Halaman awal aplikasi unity3D 5.2








Fuad Efendi Web Developer, Engineer

silahkan anda berkomomentar, memberikan kritik dan saran ataupun bertanya pada halaman ini

36 comments:

  1. untul tool pendukung unity apa saja ya gan??
    misal seperti eclips butuh jdk dan android sdk
    terimaksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung install aja.. Tapi kalau ingin buat game untuk android proses build harus install sdk.

      Delete
  2. untul tool pendukung unity apa saja ya gan??
    misal seperti eclips butuh jdk dan android sdk
    terimaksih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. ijin share postnya mas, sumber sudah saya cantumkan, terimakasih..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. slmt mlm?
    blh nanya?
    saya sudah smpi di login cmn kenapa,wkt di kasih password kok salah terus.?
    mohon balasannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab,, mungkin karena passwor tidak menggunakan huruf besar dan panduan angka ex.. Hurufini123

      Delete
    2. Sebelumnya apakah sudah registrasi di unity?

      Delete
    3. caranya registrasi di unity gimana bang?

      Delete
    4. udah bikin emailnya tapi tetep aja gabisa masuk

      Delete
    5. udah bisa masuk bang...
      makasih..

      Delete
    6. Makasi gan infonya membantu saya sekali tapi setelah saya donwload knpa kok kurang lengkap ya gan unitynya apa permasalahn nya ini gan apa unitynya versi gratis apa ada masalah lain ya gan? Saya belajar buat tutorial sambil liat liat vidio koleksi saya ya tentang buat game makek unity gan tapi karna unitynya kurang lengkap sehingga saya agak kesusahan menjalani pembuatan game saya gan.tolong informasinya dong gan unity versi atau yg apa unitynya saya donwload biar lengkap sekali gan? Makasi sebelumnya ya gan

      Delete
    7. Makasi gan infonya membantu saya sekali tapi setelah saya donwload knpa kok kurang lengkap ya gan unitynya apa permasalahn nya ini gan apa unitynya versi gratis apa ada masalah lain ya gan? Saya belajar buat tutorial sambil liat liat vidio koleksi saya ya tentang buat game makek unity gan tapi karna unitynya kurang lengkap sehingga saya agak kesusahan menjalani pembuatan game saya gan.tolong informasinya dong gan unity versi atau yg apa unitynya saya donwload biar lengkap sekali gan? Makasi sebelumnya ya gan

      Delete
  6. kalo macet di step 6 gimana om .. tolong respon ffeed back saya ini om

    ReplyDelete
  7. mohon bantuan nya
    mengapa setelah instal unity setelah di runing kan malah blank yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah spesifikasi pc telah pas?Blank bisa jg karena pada proses instalasi paket2 tidak terinstall semua atau corrupt. Coba ulangi proses installasi.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka kenapa unity saya mah pas licence yg muncul bukan licence agreement yg langsung i agree tapi ada pilihan 3 yg menyebutkan more than dan less than $100,00 in gross revenue dan i dont use unity gitu-gitu ka. Mohon responnya

      Delete
  9. proses instalasi pas window license and agreement itu ngga muncul apa2. itu kenapa ya? dulu pernah juga ngalamin tapi lupa solusinya

    ReplyDelete
  10. cara pasang SDKnya gimana gan karna mau buat untuk android, tolong minta pencerahannya gan,,,heheh

    ReplyDelete
  11. Mau nanya, saya stuck di step ke 7, steelah selesai instal, terus pas buka aplikasi malah keluar crash, tidak lgsung ke halaman login

    ReplyDelete
  12. C:\Windows\Microsoft.NET\Framework\v4.0.30319\Microsoft.Common.targets(5,5): Error MSB3645: .NET Framework v3.5 Service Pack 1 was not found. In order to target ".NETFramework,Version=v3.5", .NET Framework v3.5 Service Pack 1 or later must be installed. (MSB3645) (Assembly-CSharp)

    bisa bantu ga mas ? pas lagi mau di play ada tulisan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab... Coba searching aja "cara mengaktivkan net framework 3.5 di windows..,. Soal ny buat yg windows 10 ,net framework ny versi 4. Sdngkan unity msh membutuhkan ver 2 dan 3,5. #cmiiw

      Delete
  13. Assets/Vuforia/Scripts/Utilities/VRIntegrationHelper.cs(99,29): error CS1061: Type `UnityEngine.Camera' does not contain a definition for `SetStereoProjectionMatrices' and no extension method `SetStereoProjectionMatrices' of type `UnityEngine.Camera' could be found (are you missing a using directive or an assembly reference?)

    solusinya tw gk y mas?

    ReplyDelete
  14. Hy selamat sore.
    Saya mau nanyak kok pas saya kelik train kok gak muncul muncul ya udah banyak sekalu saya cobak kelik gak muncul mucul trainnya.
    Mohon pendapatnya

    ReplyDelete
  15. Bro mau nanyak, gw kok pas nginstal unity hub stuck di 50% ya ga jalan", hampir 3 jam gw nunggu tetep aja gak jalan, ini kenapa ya ada yang bisa jelasin

    ReplyDelete