Friday, February 20, 2015

STUDI EXCURSIE BALI


BIMA SAKTI DEVELOPMENT SYSTEM
Bimasakti Development Systems pertama kali dicetuskan oleh Bapak Ir. IB. Surya Sanjaya. Sebagai sebuah perusahaan IT berskala kecil guna mengakomodasi kebutuhan sistem manajemen pembacaan meter di Perusahaan Air Minum. Perusahaan ini bertempat di Denpasar-Bali. Dan mulai beroperasi dari awal tahun 2009. Bima sakti ekarang berfokus untuk menjadi sebuah perusahaan IT nasional, ditahun 2014 perusahaan ini sudah memiliki klien diseluruh wilayah Indonesia.
Secara perjalanan bisnis mulai tahun 2009 hingga 2012 Bima Sakti memfokuskan diri pada segment pengguna khususnya Perusahaan Air Minum, berfokus dari produksi, implementasi dan after sales service, hingga sampai sekarang Bima Sakti sudah bermitra dengan 65 Perusahaan Air Minum di Indonesia.
Ditahun 2013 Bima Sakti mulai mengembangkan sistem diluar dari Perusahaan Air Minum, dimulai dengan sistem absensi, sistem pergudangan, sistem pembayaran mobile online serta sistem monitor dan supervisi penjualan.
BIMASAKTI METER READING SYSTEM
Sistem Manajemen pembacaan meter yang telah dikembangkan sejak tahun 2009, yang telah membawa Bimasakti sebagai perusahaan nasional, telah dikembangkan sebanyak 3 veris dan telah menjadi sistem yang solid

BIMASAKTI CRM
CRM dengan citarasa khas Bimasakti, memiliki penekanan yang berbeda dengan CRM yang sejenis yang banyak ditawarkan di media online.
Dalam Pertemuan antara mahasiswa UB dan Pihak Bima Sakti ada beberapa pertanyaan dari mahasiswa yang dibahas bersama pihak bimasakti antara lain :
1.      Dalam perancangan sebuah sistem membutuhkan seberapa banyak orang ?
Untuk pembuatan software, menggunakan banyak orang belum tentu lebih cepat. Yang menentukan cepat atau lambatnya dari peroses pembuatan tergantung pada skill dari masing-masing orang. Jika ada satu orang yang lambat maka bisa jadi semua bisa lambat.
Pemisalan seperti jika ada iring-iringan mobil lamborgini, alphard dan avanza maka mobil lambprgini dan alphard pasti menunggu mobil avanza dan semua tergantung pada kecepatan avanza.
2.      Development indonesia apakah selalu meniru produk dari luar negeri ?
Belum tentu. Tergantung pada kebutuhan yang ada di indonesia. Ada pula suatu sistem yeng dibutuhkan di indonesia akan tetapi tidak dibutuhkan di luar negeri.
3.      Bagaimana tahapan pembuatan software hingga pada software jadi ?
-          Perancangan oleh analyst
-          Programing
-          Jual ke Client
Software bisa dikatakan berhasil dan jadi adalah software yang menghasilkan income ke perusahaan 


DEWATA TV
Kompas TV Dewata (sebelumnya bernama Dewata TV) merupakan stasiun televisi swasta lokal yang berdiri dan mengudara di Denpasar, Bali. Mengudara resmi tgl 25 November 2007, Kompas TV Dewata pun memiliki slogan Inspirasi Bali. Kompas TV Dewata lebih fokus terhadap kearifan lokal budaya Bali dengan acara utama Pentas Dewata yang diminati masyarakat pedesaan. Selain menayangkan acara budaya TV ini juga menayangkan acara berita lokal berbahasa Indonesia. Stasiun TV ini sejak 9 september 2011 menayangkan program acara dari kompas TV.


dalam kunjungan kami ke kompas TV kami ditunjukkan ke ruang office dan ruang studio, dimana ruang office terdiri dari para karyawan yang sedang bekerja sesuai dengan tugasnya seperti editor, akuntan dll. Sedangkan dalam ruang studio kami bisa melihat dan mengetahui rahasia teknis didalam studio  misal adalah penggantian background.

BOC
Bali Orange Communications atau disingkat BOC adalah sebuah perusahaan jasa desain dan pemrograman website, penyedia web hosting dan pendaftaran domain name berekstensi internasional dan Indonesia. BOC berdiri pada tanggal 25 Agustus 2003 dan sampai saat ini masih tetap berkarya serta melayani pelanggan dari berbagai warna bidang usaha.
Basis operasional BOC adalah di Pulau Bali dengan cakupan produk berskala Internasional. Pelanggan yang telah ada berdomisili tidak hanya di Bali, tetapi di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Dengan teknologi internet, kendala geografis bisa teratasi dengan mudah.
Didalam kunjungan di BOC ini kami mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari pendiri BOC yang hingga pada akhirnya bisa mendirikan perusahaan ini.



Acara studi excursie ini sangat bermanfaat dan bisa memberika tambahan wawasan di dunia kerja/perusahaan. semoga acara seperti ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun.
Fuad Efendi Web Developer, Engineer

silahkan anda berkomomentar, memberikan kritik dan saran ataupun bertanya pada halaman ini

No comments:

Post a Comment